Spiga
Your Ad Here

For Indonesian : Tarif XL Tetap yang Termurah

image

Sampai saat ini (18 Januari), jika dibandingkan dengan tarif GSM lain, tarif XL dapat dibilang yang termurah, dengan mengeluarkan promo tarif baru Rp 0,1/detik bagi pengguna XL bebas untuk menelpon ke seluruh operator se-Indonesia, baik ke sesama XL maupun ke operator lain (PSTN dan selular), dan tarif khusus Rp 35/SMS (ke sesama XL). Untuk dapat menikmati tarif baru ini, pengguna XL bebas tidak perlu daftar atau membeli paket perdana khusus, karena secara otomatis seluruh pengguna XL bebas dapat menikmati tarif termurah dari XL ini.


Tarif baru ini akan berlaku mulai 18 Januari hingga 30 April 2008.
Untuk promo tarif XL bebas yang berakhir 15 Januari 2008 dengan tarif Rp 1/detik, akan tetap dapat dinikmati hingga tanggal 17 Januari 2008. Selanjutnya seluruh pengguna XL bebas akan secara otomatis menikmati tarif Rp 0,1/detik setelah 2,5 menit ke seluruh nomor, dan tarif khusus Rp 35/SMS ke sesama XL (untuk pengiriman SMS ke 11-25) hingga tanggal 30 April 2008. Dengan tarif baru ini maka pengguna XL bebas, baik yang berbicara lebih lama maupun sebentar ke nomor manapun (XL dan non XL), akan menikmati tarif yang semakin murah.


Direktur Marketing XL Nicanor V. Santiago mengatakan, "Tarif baru ini merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk menghadirkan layanan yang menyentuh seluruh masyarakat Indonesia, selain tentunya sebagai respon atas tingginya animo pelanggan terhadap tarif promo XL sebelumnya."


Nicanor menambahkan, tarif promoXL bebas diberlakukan secara nasional dengan mekanisme baru dan berbeda di beberapa area. Mekanisme tersebut dibedakan karena disesuaikan dengan pola penggunaan telepon di masing-masing area yang berbeda.
Di area Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah bagian Selatan (Solo, Klaten, Kebumen, Purwokerto, Magelang), DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok, dikenakan tarif Rp 10/detik di 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik.


Untuk area Sumatera dan sekitarnya dikenakan tarif Rp 12,5/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik.


Tarif yang berlaku di Sulawesi dan Kalimantan sedikit berbeda dibandingkan dengan area lain karena mengenal jam sibuk dan jam tidak sibuk. Di Kalimantan jam sibuk dimulai pukul 11.00 - 22.59 WITA, sementara di Sulawesi mulai jam 17.00 - 22.59 WITA. Jam tidak sibuk di Kalimantan mulai pukul 23.00 - 10.59 WITA dan di Sulawesi pada pukul 23.00 - 16.59 WITA. Tarif yang berlaku di di Sulawesi dan Kalimantan pada jam sibuk adalah Rp 10/detik di 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya. Sementara pada jam tidak sibuk dikenakan tarif Rp 10/detik di 0,5 menit pertama, dan Rp 0,1/detik pada menit selanjutnya.


Untuk kota-kota di Jawa Tengah bagian Utara (Semarang, Pekalongan, Tegal, Kudus, Purwodadi) dikenakan mekanisme tarif promo yang sama dengan Kalimantan termasuk masa berlakunya jam sibuk dan tidak sibuk namun mengikuti waktu Indonesia bagian barat (WIB).


Untuk area baru XL di Nusa Tenggara Timur, Papua dan Ambon dikenakan tarif Rp 10/detik di 1/2 menit pertama dan Rp 0,1/detik pada menit berikutnya hingga menit ke 30 setelah itu berlaku tarif 1/detik.


Sementara telepon ke non XL secara nasional dikenakan tarif baru Rp 25/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 4, kemudian berlaku kembali tarif Rp 25/detik di menit berikutnya hingga menit ke 6. Setelah menit ke 6 kembali berlaku tarif pertama dan kedua dengan selang waktu 2 menit.
Selain manfaat tarif telepon murah, pengguna XL bebas juga akan mendapatkan poin reward melalui program loyalitas pelanggan XL Poin Hadiah yang dapat ditukarkan dengan aneka hadiah langsung (gratis telepon, SMS, dan juga dapat berupa voucher belanja) maupun undian berhadiah uang tunai 2,8 milyar rupiah, 1 mobil BMW 320i, 7 mobil Toyota Rush, 50 motor Yamaha Jupiter MX, 100 unit Sony LCD TV & home theater, serta 135 HP Nokia E90.


Lebih lanjut Nicanor menambahkan bahwa pelanggan XL hingga akhir tahun 2007 mencapai 15,5 juta, dimana sekitar 65% merupakan pengguna XL bebas. XL juga telah membangun lebih dari 11.000 BTS untuk menghadirkan layanan yang berkualitas demi kenyamanan pelanggan.


“Tarif promo ini akan melengkapi berbagai manfaat yang dirasakan oleh pengguna XL bebas berupa manfaat berkomunikasi hemat melalui jaringan berkualitas XL, yang dikenal dengan kejernihan suara dan jangkauan luasnya,” pungkas Nicanor.


XL Incar Pertumbuhan Pelanggan (baru) 20%

Manajemen PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) memproyeksikan dapat meraih pertumbuhan basis pelanggan selulernya sampai 20% tahun ini, menyusul upaya operator itu untuk fokus meningkatkan kapasitas jaringan dan menerapkan strategi tarif baru.
Direktur Marketing XL Nicanor V. Santiago mengatakan tahun ini XL akan lebih fokus meningkatkan kapasitas jaringannya dibandingkan dengan perluasan jangkauan. "Tahun ini XL menargetkan pertumbuhan pelanggan hingga 20%," ujarnya, kemarin.
Dia menambahkan tahun ini XL berkonsentrasi membuat tarif semurah CDMA, tetapi dengan kualitas GSM, yaitu Rp0,1 per detik bagi pengguna XL Bebas.


XL menyatakan masih meraih margin keuntungan dari interkoneksi. Subsidi operator itu untuk menerapkan tarif yang berlaku untuk komunikasi ke semua operator itu akan dikompensasi dengan pertambahan pelanggan tahun ini.


Bayu Samudiyo, General Manager Prepaid Marketing XL, mengatakan potongan tarif 90% itu mengakibatkan pertumbuhan pengguna kartu prabayar Bebas. "Kami kira antara 25% dan 30%. Saat ini pengguna Bebas mencapai 65% dari total 15,5 juta pelanggan XL," ujarnya.


Bayu mengatakan teori elastisitas terjadi pada percakapan di mana penurunan tarif mendorong trafik suara. Namun penurunan tarif tidak bersifat elastis terhadap pengiriman SMS.


Di sejumlah area, XL mematok tarif percakapan menjadi Rp10/detik pada 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik pada menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp1/detik.



Area Timur

Jumlah pelanggan XL Area Timur melampaui pelanggan operator itu di Jabotabek, terlihat dari pertumbuhannya pada 2007 yang mencapai 48% atau menjadi 4,61 juta.
Kencono Wibowo, Vice President PT Excelcomindo Pratama Tbk Regional Timur, mengatakan kontiribusi pelanggan XL di Area Timur terhadap total pelanggan nasional, sudah mencapai 30%.


Menurut Kencono, sampai Desember 2007 jumlah pelanggan yang tercatat di wilayah timur sudah mencapai 4,61 juta atau naik 48% dibandingkan dengan 2006 yang hanya 2,9 juta.


"Jadi saat ini posisi pelanggan XL di area timur menggeser Jabotabek yang selama ini berada pada peringkat pertama," ujar Kencono di sela-sela peluncuran tarif bebas Rp0,1 per detik untuk Area Timur, kemarin.



Tarif XL Bebas Terbaru Selengkapnya






AddThis Social Bookmark Button



source : xl.co.id, bisnis indonesia

2 comment(s):

  erfan

January 18, 2008 at 8:34 PM

uKHHHH Cappeeeck dech...
mungkin tadinya pengen ngalahin simPATI PeDe kalee ya?..
nyatanya...: ukh.. rumit banget persyaratannya.. enggak sedikit pun tuch aku mau pindah ke XL.
memang sieh kalo sekilas tarifnya emang termurah 0,1/dtk. tapi itu juga banyak syaratnya..(kirain 0,1/dtk bisa untuk seterusnya, ternyata menit2 tertentu) dan 1 lagi kekurangan; diiklannya XL nggak berani Transparan seperti halnya simPAI PeDe..!

  Des1

January 18, 2008 at 9:38 PM

Eh belum tentu juga lagi, coba deh klo loe seandainya punya 2 hape, satu pake simpati satu pake XL, kaya gua nih lagi njajal, pengen tau aja gimana kelanjutannya, siapa yang termurah. btw gua percaya kalo XL still the cheapest. Let's See.

Related Posts with Thumbnails